Home > Mutiara Hikmah > Keuntungan Rutin Berjalan Kaki

Keuntungan Rutin Berjalan Kaki

May 30, 2008

Sedikit berbagi cerita buat temen-temen semua..sudah hampir 2 tahun saya pergi ke kampus denga menggunakan jalan kaki. Walaupun terkadang ada temen yang mau memboncengi saya. Tapi kalau di hitung, perbandingannya lebih banyak yang jalan kaki. Tak terasa saya sudah menempuh kuliah hamper 2 tahun. Jadi tak terasa pula aku berjalan kaki hamper 2 tahun pula. Dan kalau di total saya gak bisa…masalahnya tidak memperhatikan. Yang pasti sudah cukup jauh…

Tapi dari semua itu ada hikmah dan manfaat yang bisa saya peroleh.. salah satunya adalah artikel yang ada di bawah ini. Dimana ada beberapa keuntungan rutin berjalan kaki. Dan ternyata tidak sia-sia. Selain itu hikmah yang lain adalah uang bulananku tidak berkurang untuk membeli bensin yang sekarang sudah mahal. Coba kalau
dihitung-hitung, mungkin sudah banyak sekali uang yang saya keluarkan untuk membeli bensin. Jadi banyak sekali hikmah yang bisa saya dapatkan.

Tapi ada pula hal yang kurang mengenakkan yaitu ketika saya ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara, saya tidak bisa. Karena keterbatasan transportasi. Sudah lama saya tidak berkunjung ketempat saudara. Terus hal yang lain adalah ketika saya ingin jalan-jalan untuk membeli sesuatu yang lokasinya cukup jauh dari kosku.saya pun tidak bisa. Dan ketika ingin kerja kelompok dengan teman atau ingin belajar bareng dengan teman saya pun ada kendala. Tapi intinya saya sangat senang sekali dengan berjalan kaki…

Semua orang tentu setuju bahwa jalan kaki adalah salah satu latihan aerobik paling sederhana dan teraman yang dapat kita lakukan. Nah, tahukah Anda bahwa jalan kaki akan membantu memperkuat tulang, mengontrol berat badan, dan kondisi jantung dan paru-paru.

Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu lebih panjang umur beberapa tahun dibanding mereka yang tidak.

Berikut beberapa fakta tentang jalan kaki:

1. Rata-rata, jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit.

2. Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound lemak per tahun.

3. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

4. Jalan kaki cepat dari 20 sampai 25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru.

Jalan kaki juga memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru

2. Membakar lemak dalam tubuh

3. Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat, bahkan sekalipun tengah istirahat

4. Membantu mengontrol selera makan

5. Meningkatkan energi

6. Membantu menyembuhkan stress

7. Memperlambat penuaan

8. Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah

9. Menurunkan tingkat darah tinggi

10. Membantu mengontrol dan mencegah diabetes

11. Menurunkan beberapa resiko kanker seperti kanker prostat dan payudara

12. Membantu rehabilitasi dari serangan jantung dan stroke

13. Memperkuat otot kaki, paha dan tulang

Jalan kaki jauh lebih disenangi di banding lari atau jogging karena jalan kaki mengurangi stress pada bagian tubuh termasuk paha, lutut dan ankle. Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pelemasan setelah jalan kaki.

Pakailah sepatu yang cocok dengan sedikit longgar di bagian depan untuk mengantisipasi pelebaran kaki saat jalan kaki dilakukan sehingga terhindar dari rasa sakit.
Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.mail-archive.com/jamaah@arroyyan.com/msg00571.html

Categories: Mutiara Hikmah
  1. fajarsaptono
    June 28, 2008 at 2:19 PM

    Wah… kalo aq udah 4 tahun lebih jalan kaki… hehe mudah2an manfaatnya bisa kerasa:D

  1. No trackbacks yet.
Comments are closed.
%d bloggers like this: